Ahmad, Arfin (2021) Manajemen Pelayanan Kantor Kelurahan Bukit Harapan Kecamatan Soreang Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
16.3300.054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kelurahan memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan warganya dalam segala aspek penghidupan kelurahan. Baik dalam bidang pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan masyarakat. Kantor kelurahan berkewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga kantor Kelurahan harus mampu dan memahami tentang manajemen pelayanan agar pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang manajemen pelayanan kantor Kelurahan Bukit Harapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelayanan kepada masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Manajemen pelayanan yang diterapkan oleh Kantor Kelurahan Bukit Harapan adalah yang pertama melaksanakan fungsi perencanaan yakni menentukan tujuan yang ingin dicapai dan tujuan itu dalam bentuk visi dan misi. Kemudian menentukan strategi atau langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Setelah fungsi perencanaan selanjutnya fungsi pengorganisasian dengan membentuk struktur orgnisasi dan pembagian kerjanya. Setelah itu fungsi pelaksanaan, dalam pelaksanaan pelayanan Kantor Kelurahan Bukit Harapan akan memenuhi dan memperhatikan dimensi kepuasan dalam pelayanan. Dan yang terakhir adalah fungsi pengawasan dalam fungsi ini lurah sebagai pemimpin akan terus mengawasi pegawai secara langsung agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Faktor penghambat dalam manajemen pelayanan di kantor Kelurahan Bukit Harapan adalah kurangnya sumber daya manusia yang ada sehingga membuat pelayanan biasa terhambat. Adapun faktor pendukungnya adalah ketulusan dan keikhlasan pegawai dalam melayani masyarakat ini dapat terlihat dari cara mereka melayani masyarakat. Kemudian fasilitas yang memadai juga merupakan faktor pendukung dalam pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan, Kantor Kelurahan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:25
Last Modified: 16 Oct 2023 00:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item