Dianti, Ulpa (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Zoom Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1100.116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Dalam menunjang pembelajaran daring untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru harus memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, dapat mempermudah cara mengajar dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan para siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai tingkat keaktifan penggunaan media pembelajaran aplikasi zoom dan tingkat minat belajar mahasiswa dengan menggunakan aplikasi zoom pada program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare dan menganalisis apakah penggunaan media pembelajaran aplikasi zoom berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini sebesar 294 mahasiswa dengan sampel 169 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat keaktifan penggunaan media pembelajaran aplikasi zoom pada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parapare berada pada kategori rendah dengan angka persentase 67,1%. (2) Tingkat minat belajar mahasiswa dengan menggunakan aplikasi zoom pada program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare berada pada kategori sedang dengan angka persentase 71,6%. (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara penggunaan media pembelajaran aplikasi zoom terhadap minat belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare. Dengan nilai signifikan 0,305 > 0,05 dan nilai r2 adalah 0.006 atau 0,6%, maka disimpulkan bahwa minat belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam dipengaruhi sebesar 0,6% oleh penggunaan media pembelajaran aplikasi zoom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran, Aplikasi Zoom, Minat Belajar Mahasiswa
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1116 Medical Physiology > 111699 Medical Physiology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:32
Last Modified: 12 Oct 2023 07:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item