Shadiq, Fajar (2022) Pengembangan Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca al-Qur’an Pada Pondok Pesantren DDI Kaballangang Pinrang,. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Menganalisis strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an santri dan santriwati di Pondok Pesantren Manahilil Ulum DDI Kaballangang (2) Mendeskripsikan tantangan dan hambatan yang dihadapi guru juga santri dan santriwati dalam meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an santri dan santriwati di Pondok Pesantren Manahilil Ulum DDI Kaballangang. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Manahilil Ulum DDI Kaballangang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan merupakan merupakan penelitian yang menitikberatkan pada hasil pengumpulan data dari para informan yang telah ditentukan. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analasis data menggunakan teknik analisis kualitatif Mile dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kemudian melakukan uji keabsahan data melalui teknik Credibility, Trasnferbility, Debility dan Confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran dan penerapan strategi oleh guru tahfidz di Pondok Pesantren Manahilil Ulum DDI Kaballangang Pinrang meliputi beberapa metode yakni menggunakan metode wafa, metode qira’ati, metode Al-barqy, metode Qira’ah juga ada beberapa adab dalam pembelajaran yakni seperti membaca al-Qur’an dalam keadaan suci, membaca al-Qur’an dengan khusyu’, membaca al-Qur’an dengan isti’adzah, membaca al-Qur’an dengan tartil. .(2) tantangan dan hambatan yang dihadapi guru dan santri dan santriwati dalam meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an yakni ada faktor internal (dari dalam diri santri) dan eksternal (pengaruh luar santri).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Strategi Kualitas Membaca al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:07
Last Modified: 11 Oct 2023 03:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item