Sulfila, Sulfila (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BSI KCP Barru. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi berkembang pesat. Begitu juga yang terjadi di dalam sistem perbankan. Fenomena digitalisasi perbankan yaitu Mobile Banking. Layanan mobile banking bank syariah adalah layanan transaksi yang berbasis online memberikan kemudahan bagi nasabah, juga menghemat waktu bagi nasabah yang ingin melakukan pembayaran atau transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kualitas Layanan mobile banking di BSI. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di BSI KCP Barru dan waktu penelitian 1 Bulan.Instrumen pengumpulan data dilakukakan dengan melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 95 orang dari 1.500 jumlah populasi dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis datanya menggunakan uji One Sampel T-test, uji korelasi pearson produck moment, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, hasil uji One Sample T-test seberapa baik pemberian kualitas Layanan Mobile Banking (X) diperoleh nilai 73.3% berada pada kategori baik. Kedua, hasil uji One Sampel T-test besar tingkat kualitas Layanan (Y) diperoleh nilai sebesar 67.6% berada pada kategori tinggi. Ketiga, hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0.791 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara kualitas Layanan Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Barru. Diketahui r tabel 0.791 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dengan nilai 0.00 < 0.05 maka dikatakan terdapat hubungan yang positif antara kualitas Layanan terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Barru. Keempat, hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.472 maka setiap terjadi perubahan tambahan satu satuan kualitas Layanan Mobile Banking maka kepuasan nasabah meningkat sebesar 0.472. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0.625 dan nilai adjusted R square sebesar 0,621 maka dapat disimpulakan bahwa nilai R atau koefisien determinasi sebesar 62,5 memiliki pengaruh yang kuat. Maka nilai 62,5% untuk kepuasan nasabah (Y) dipengaruhi Kualitas Layanan (X) 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Bank Syariah Indonesia (BSI).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:08
Last Modified: 09 Oct 2023 06:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item