Syam, Nurlina (2022) Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VIII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1100.093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan strategi pembelajaran yang memacu kerja sama peserta didik melalui belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 peserta didik dengan tingkatan kemampuan yang berbeda, untuk menguasai materi dalam menyelesaikan tugas kelompok setiap anggota saling bekerja sama secara kolaboratif dan membantu memahami materi, serta membantu teman untuk menguasai materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model quasi-experimental, menggunakan desain nonrandomized control-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelompok kontrol. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang paling tinggi 70% (Pada kelompok eksperimen diperoleh thitung ≤ ttabel, 1,000 ≤ 1,701 dan kelompok kontrol thitung ≤ ttabel, -3,987≤ 1,701). (2) Minat belajar peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang paling rendah atau sama dengan 75% (thitung> ttabel yaitu 9,169 > 1,701). (3) Terdapat peningkatan minat belajar peserta didik yang signifikan (nilai sig. 0,31 < 0,05) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang setelah melakukan proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Minat Belajar Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:57
Last Modified: 24 Jan 2023 07:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item