Abdullah, M. Amin (2022) Strategi UD. Mitra Makassar Cabang Parepare Dalam Meningkatkan Daya Beli Konsumen Pada Masa Covid-19 (Analisis Manajemen Keuangan Syariah). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2900.060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Strategi adalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi bisnis berskala besar, menggerakkan semua sumber daya perusahaan yang dapat menguntungkan secara aktual dalam bisnis. Daya beli konsumen merupakan kemampuan konsumen membeli banyaknya jumlah barang. Dengan adanya pandemi covid-19 yang masuk di Kota Parepare daya beli konsumen pada perusahaan-perusahaan menurun karena adanya aturan-aturan dari pemerintah seperti sosial distancing dan adanya batasan-batasan buka dan tutupnya toko-toko serta perusahaan yang ada di Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi, implementasi strategi dan analisis manajemen keuangan syariah UD. Mitra Makassar Cabang Parepare pada masa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, yang dilakukan kepada pihak UD. Mitra Makassar Cabang Parepare. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, penulis bisa memperoleh informasi yang akurat dan sesuai fakta berdasarkan objek penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Mitra Makassar Cabang Parepare dalam perencanaan strategi yang diterapkan yaitu dengan mengacu pada konsep bisnis prinsipal dan fast moving. Prinsipal merupakan pemilik brand dari produk yang di distributorkan oleh distributor sedangkan, fast moving adalah barang yang terjual secara cepat dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari. Pengimplementasian strategi dalam menghadapi covid-19 telah sesuai dengan perencanaan, sejak awal masuknya pandemi yaitu dengan menerapkan strategi konsep bisnis prinsipal dan fast moving. Penerapan strategi membuat keadaan perusahaan hanya dapat bertahan namun tidak meningkat karena semua keuntungan dari penjualan adalah hak untuk menggaji karyawan. Analisis manajemen keuangan syari’ah UD. Mitra Makassar Cabang Parepare pada masa covid-19 dalam menjalankan bisnisnya selaku perusahaan yang bergerak di bidang distributor telah menerapkan prinsip-prinsip syari’ah yaitu berbuat adil, amanah, dan jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Daya Beli Konsumen, Covid-19, Analisis Manajemen Keuangan Syari’ah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:45
Last Modified: 19 Jan 2023 05:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item