Kahfi, Ashabul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran At-Tahsin Pada Mata Pelajaran Tajwid Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Kelas VII A Di SMP IT PPMI Shohwatul Is’Ad. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
2020203886108022 ashabul kahfi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran At-tahsin berbasis Macromedia Flash 8 untuk pembelajaran tajwid di kelas VII A di SMP IT PPMI Shohwatul Is’Ad. Penilitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu tentang bagaimana pengembangan media pembelajaran At-tahsin berbasis Macromedia Flash 8, dan bagaimana tingkat validitas, Praktikalitas, dan Efektifitas dari pengembangan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, di temukan bahwa hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 80 %, hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 72 %, sehingga media pembelajaran sangat layak digunakan untuk pembelajaran pelajaran tajwid. Adapun validasi kepraktikalisasi dari media pembelajaran At-tahsin memperoleh skor 80 % dan ini berdasarkan respon dari guru mata pelajaran sesuai dengan indikator kepraktisan yaitu mudah dipelajari, mudah dikontrol,jelas dan mudah dipahami, fleksibel,mudah menjadi terampil dan mudah digunakan. Untuk mengetahui keefektifitasan maka media pembelajaran At-tahsin di diukur dengan 4 indikator : 1) Ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini dilakukan pre test dan post test kepada peserta didik, kemudian, hasil tes tersebut diolah dengan menggunakan Uji normalitas, Uji T-Test dan Uji N-Gain dengan hasil yang menunjukkan Cukup Efektiv. 2) Proses belajar mengajar, dalam indikator ini dilakukan penilaian afektif, psikomotorik dan kognitif, dan hasilnya menunjukkan peserta didik sangat aktif. 3) Kompetensi guru, hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran At-tahsin dapat memaksimalkan pembelajaran. 4).Tanggapan positif peserta didik, hal ini ditinjau dari keefektifitas media menunjukkan 92%. Sehingga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:51
Last Modified: 16 Jan 2023 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item