Ramadhan, Syam Fitra (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Mipa 3 Di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1100.102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Mipa 3 Di MAN Pinrang, implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional dalam hal ini dibutuhkan kerja sama yang baik antara pendidik dan orang tua dalam peningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh peserta didik baik berupa akhlak, tanggung jawab, etika berbicara dan menyapa, etika di dalam ruangan kelas saat menerimah pembelajaran dan lain sebaginya sehingga dapat membantu dan memudahkan pendidikan mengontrol kecerdasan emosi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi adapun analisis data yang digunakan dengan tekhnik Credibility. Hasil penelitian ini dapat saya kemukakan bahwasanya implementasi nilai- nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional telah diaplikasikan oleh peserta didik dengan baik dan cukup bagus dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum dapat mengimplementasikan namun hal ini tidak menjadi beban bagi pendidik dalam mentransfer Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Mipa 3 Di MAN Pinrang. Para peserta didik juga sebagian mengamlakan berbagai macam amalan Sunnah seperti shalat Sunnah dan amalan Sunnah lainnya serta kegiatan keIslaman dengan harapan agar peserta didik yang ada di MAN Pinrang khususnya di kelas XI MIPA 3 tanpa terkecuali mampu meningkatkan kecerdasan emosional yang ada pada diri individu masing-masing dalam mengimplementasikan nilai-nilai Penndidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, kecerdasan emosional peserta didik.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:11
Last Modified: 19 Jan 2023 06:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item