Sulaeman, Aulia Husnul (2022) Husnul Aulia Sulaeman, Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Peserta didik di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1100.070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) profil guru dan proses pembelajaran SKI di MAN Pinrang, (2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik di MAN Pinrang, (3) bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam pada peserta didik di MAN Pinrang. Penelitian ini dilakukan di MAN Pinrang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode field research mengenai kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam pada peserta didik. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara bersama kepala sekolah, guru SKI dan peserta didik di MAN Pinrang baik berupa offline maupun online yang menjadi sumber utama penelitian ini. Observasi berupa melihat langsung proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik melalui grup whatsApp. Teknik analisis data berupa mereduksi data, menyajikan data, dan peneliti menarik kesimpulan dari data yang didapatkan, kemudian melakukan uji keabsahan data dengan melakukan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) MAN Pinrang memiliki guru Sejarah Kebudayaan Islam sebanyak 3 orang dan pada jenjang kelas X di ajar oleh satu orang, kelas XI satu orang, dan kelas XII satu orang. Masing-masing kelas di bimbing oleh satu guru Sejarah Kebudayaan Islam yang pada saat ini proses pembelajaran SKI di MAN Pinrang dilakukan secara online dengan menggunakan media aplikasi WhatsAap. (2) faktor pendukung yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Pinrang dapat dilihat dari 3 faktor yaitu guru yang sudah memiliki kompetensi, dana yang cukup dan sarana dan prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari media yang diguanakan guru dalam menyampaikan materi dan internet yang kurang memadai. Di mana guru sejarah kebudayaan islam di MAN Pinrang sedikit sulit dalam menyajikan pembelajaran melalui aplikasi pembelajaran dan tidak semua jaringan yang dimiliki peserta didik memadai. (3) kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sejarah kebudayaan islam di MAN Pinrang yaitu kemampuan guru memahami karakteristik peserta didik, kemampuan dalam membuat perancangan pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan prinsip pembelajaran, kemampuan guru mengevaluasi pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengembangkan potensi peserta didik, telah dilaksanakan dengan baik dan hasilnya sudah cukup memuaskan, hal ini dapat dibuktikan dengan tetap berjalannya pembelajaran walaupun dilaksanakan secara online, namun dalam memahami karakteristik peserta didik guru sedikit kesulitan dikarenakan pembelajaran dilaksanakan secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:10
Last Modified: 19 Jan 2023 06:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item