Idrus, Muh. Mahfud (2022) Implementasi Aplikasi Tiktok dalam Desain Pesan Kreatif Remaja di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.3100.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Aplikasi Tiktok merupakan sebuah aplikasi yang memberikan efek spesial serta unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Penelitian ini melihat kondisi pengguna aplikasi Tiktok yang lagi maraknya sehingga peneliti tertarik dalam melakukan implementasi aplikasi Tiktok dalam pesan desain kreatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran pemanfaatan aplikasi Tiktokkalangan remaja di kota Parepare dan untuk mengetahui implementasi aplikasi Tiktok dalam memproduksi pesan remaja di kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melihat motivasi para remaja menggunakan teori Pierre Levy Yakni teori new media, teori determinisme teknologi, teori komunikasi verbal dan nonverbal melihat tingkat kreativitas remaja di Kota Parepare dalam menggunakan aplikasi Tiktok. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Penggunaan aplikasi Tiktok khususnya bagi remaja adalah semacam kebiasaan dunia teknologi dalam konsep sebuah teori komunikasi new media. Ritual yang dimaksud ialah intensitas penggunaan aplikasi Tiktok yang sudah menjadi kebiasaan para remaja lebih lama, berapa pengikut dan yang diikuti sampai dengan membuat video berdasarkan hasil pemikiran para remaja sendiri. 2) Implementasi dalam kreativitas pesan remaja di aplikasi Tiktok ada beberapa indikator dalam mencapai nya, ialah bagaimana di mulai dengan tujuan dan teknik dalam produksinya. Tahap ini akan pengungkapan ide yang membuat konten lebih menarik lagi sehingga banyak orang menyukai dan tertarik dengan konten yang telah di produksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Tiktok, Pemanfaatan Aplikasi,Remaja
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:43
Last Modified: 17 Jan 2023 08:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item