Hardianti, Hardianti (2021) Persepsi Pengguna Media Sosial Terhadap Berita Hoax Dikelurahan Bittoeng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
16.3100.059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Persepsi pengguna media sosial terhadap berita hoax sedang marak terjadi. Sebagian masyarakat ada yang mudah percaya dengan berita yang diberikan tanpa mencari kebenaranya. Tapi ada juga masyarakat yang mencari kebenaran berita tersebur sebelum ia konsumsi. Sebagai pengguna media sosial patut untuk bijaksana dalam memilih informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana bentuk berita hoax serta persepsi pengguna media sosial terhadap berita hoax yang terdapat dikelurahan Bittoeng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis dan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (Interview) dan dokumentasi. Teknik analisis datayang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan adalah teori persepsi dan teori Stimulus Respon. Hasil penelitian ini yang dilakuka peneliti menggunakan teori persepsi dapat dikemukakan bahwa persepsi masyarakat Bittoeng pengguna media sosial terhadap berita hoax adalah berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya tidak jelas sumber beritanya. persepsi masing-masing informan terhadap berita hoax sanga variatif, terkelompokan berdasarkan jenis berita yang diterimanya. Persepsi masyarakat mewakili berita hoax yang berjenis propaganda yaitu aktivitas menyebar luaskan informasi, fakta, argument, gosip, atau kebohongan yang bahkan kebohongan untuk mempengaruhi oponi pablik.misinformasi yaitu informasi yang salah tidak akurat, terutama yang ditujukan untuk menipu, dan confirmasi bias yaitu kecenderungan untuk menginterpretasikan kejadian yang baru terjadi sebagai bukti dari kepercayaan yang sudah ada. Teori kedua yang digunakan peneliti untuk memperkuat argument hasil adalah teori S.O.R . Dalam mempelajari sikap yang baru, ada tiga variable penting yang menunjang proses tersebut, yaitu perhatian , pengertian dan penerimaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berita Hoax; Media; Persepsi.
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:41
Last Modified: 17 Jan 2023 08:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item