T, Zulkarnain (2022) Pola Komunikasi Driver Ojek Online dan Konsumen di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
15.3100.040 Zurkarnain T.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet yang cukup pesat memberikan perubahan sosial masyarakat. Banyak bisnis mulai bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut. Salah satunya adalah kemunculan transportasi berbasis online yang ternyata dapat memberikan solusi dan menjawab berbagai kekhawatiran masyarakat akan layanan transportasi umum. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi driver ojek online di Kota Parepare, serta untuk mendeskripsikan pola komunikasi driver ojek online dan konsumen di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan metode Miles & Huberman yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan (Conslusion Drawing). Dalam memperkuat analisis, peneliti menggunaan teori determinisme teknologi dan teori interaksionisme simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Eksistensi (keberadaan) ojek online di Kota Parepare mulai berkembang di Kota Parepare pada pada tahun 2018 yang tersebar dibeberapa titik lokasi yakni di Kecamatan Soreang dan Kecamatan Ujung, hal tersebut diketahui melalui informasi masyarakat ke masyarakat serta melalui media sosial. Perkembangan ojek online di Kota Parepare sekarang sudah sangat pesat, hal ini dikarenakan antusias warga Kota Parepare sangat meminati aplikasi pelayanan ojek online yang dapat diakses melalui smartphone. Jumlah ojol yang beroperasi di Kota Parepare sudah mencapai 600 orang. (2) Pola komunikasi driver ojek online dan konsumen di Kota Parepare menggunakan pola komunikasi sirkular bahwa dalam pola komunikasi yang seperti ini proses komunikasi berjalan terus, yaitu adanya umpan balik antara driver dan konsumen. Dimana alat atau sarana (media) yang digunakan driver dan konsumen adalah aplikasi ojek online misalnya Grab dan Go-jek untuk melakukan aktivitas bertukar informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Driver, Ojek online dan konsumen.
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:37
Last Modified: 09 Jan 2023 07:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4374

Actions (login required)

View Item View Item