Suriana, Suriana (2022) Perbandingan Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Tadris Bahasa Inggris terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi mahasiswa Prodi pendidikan Agama Islam terhadap pembelajaran Bahasa Arab, (2) Bagaimana persepsi mahasiswa Prodi tadris Bahasa Inggris terhadap pembelajaran Bahasa Arab, (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa Prodi pendidikan Agama Islam dan Prodi tadris Bahasa Inggris terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Adapun sampel yang diambil sebanyak 64 mahasiswa dari 176 mahasiswa yang menjadi populasi, dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Analisis inferensial dengan menggunakan rumus independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa Prodi pendidikan Agama Islam terhadap pembelajaran Bahasa Arab termasuk kategori sedang yaitu 0,643 atau 64,3% dengan nilai 0,43 > 0,29 maka H1 diterima. (2) Persepsi mahasiswa Prodi tadris Bahasa Inggris terhadap pembelajaran Bahasa Arab termasuk kategori sedang yaitu 0,639 atau 63,9% dengan nilai 1,31 > 0,30 maka H1 diterima. (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa Prodi pendidikan Agama Islam dan tadris Bahasa inggris terhadap pembelajaran Bahasa Arab hal ini ditunjukkan pada uji perbedaan dimana sig 0,336 < 1,670 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima pada tingkat signifikansi 0,05%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Tadris Bahasa Inggris, pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:43
Last Modified: 26 Dec 2022 01:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item