Mulya, Dewi (2022) Penerapan Metode Drill Terhadap Peningkatan Mahāratul Kitābah Peserta Didik Kelas VII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mahāratul kitābah merupakan salah satu dari empat kemahiran berbahasa yang memiliki tujuan agar peserta didik mampu menuliskan berbagai macam gagasan, pikiran, ide atau perasaan ke dalam bentuk tulisan bahasa Arab, namun pada level pemula mahāratul kitābah bertujuan agar peserta didik mampu menyalin, memodifikasi, subtitusi, melengkapi kalimat, dan transformasi kata ke unsur kata yang lain. Oleh sebab itu diperlukan pemilihan dan penerapan metode yang tidak hanya terfokus pada penyampaian materi tetapi juga dibarengi dengan latihan yang intes agar peserta didik dapat memperoleh, mengembangkan, dan meningkatkan mahāratul kitābah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mahāratul kitābah peserta didik sebelum dan setelah penerapan metode drill serta untuk mengetahui efektivitas penerapan metode drill terhadap peningkatan mahāratul kitābah peserta didik kelas VII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian ini yaitu penelitian pre exsperimental design dengan one group pretest posttest design. Adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 26 peserta didik dari 78 populasi. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan yang dirandom adalah kelas sehingga kelas yang terpilih jatuh pada kelas VII.2. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis statistik kuantitatif parametrik melalui aplikasi SPSS 26. Melalui analisis SPSS 26, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mahāratul kitābah peserta didik sebelum penerapan metode drill berada pada kategori rendah; (2) mahāratul kitābah peserta didik setelah penerapan metode drill berada pada kategori tinggi; (3) melalui uji hipotesis dengan paired sampel t-test menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), maka hipotesis dapat diterima dan hal ini berarti bahwa penerapan metode drill efektif dalam meningkatkan mahāratul kitābah peserta didik kelas VII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan tambahan wawasan bagi peneliti, guru, serta pembaca terkait penerapan metode drill terhadap peningkatan mahāratul kitābah peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mahāratul kitābah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Drill, Peningkatan Mahāratul Kitābah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:41
Last Modified: 26 Dec 2022 01:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item