Asriani, Asriani (2022) Penggunaan Metode Role Playying Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Di Raudhatu Atfal UMDI Ujung Baru Kec. Soreang. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institud Agama Islam Negeri (IAIN) Pare-pare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1800.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh aspek perkembangan bahasa pada anak yang membosankan dan kurang menarik. Apalagi peserta didik cenderung mengalami kesulitan saat berbicara baik dengan temannya, gurunya dan lingkungannya. Dalam pelaksanaan aspek perkembangan bahasa di kelompok A Raudhatul Atfal Umdi Ujung Baru Kec. Soreang menunjukkan bahwa keterampilan berbicara peserta didik dalam kategori sangat rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan metode bermain peran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan role playing dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak dan untuk mengetahui apakah metode bermain peran efektif dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini iyalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, subjek penelitian ini iyalah peserta didik kelompok A dengan jumlah 18 peserta didik. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) penerapan metode bermain peran pada siklus I masi belum maksimal. Dilihat dari perolehan nilai akhir aktifitas guru sebesar 70,5 sedangkan perolehan akhir aktifitas guru mengalami peningkatan menjadi 93,18. 2) prosentase ketuntasan belajar peserta didik kelompok A pada keterampian berbicara setelah diterapkan metode bermain peran mengalami peningkatan dari 20% (pra siklus ), 44% (siklus I), dan 94% ( siklus II)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode Bermain Peran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:41
Last Modified: 14 Oct 2022 01:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4111

Actions (login required)

View Item View Item