Anto, Muhammad Irfan (2022) Analisis Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Metode Mobile Banking BSI Kc Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.2300.135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Mobile banking merupakan aplikasi bank yang dibuat untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi berupa transfer sejumlah uang ke rekening lainnya tanpa perlu menggunakan mesin ATM yang tersebut di wilayah tertentu. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Kc Parepare yang juga memiliki mobile banking dalam transkasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan mobile banking BSI Kc Parepare terhadap minat nsabah dalam menggunakan aplikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang menggambarkan secara deskriptif tentang standar pelayanan BSI Kc Parepare, strategi BSI Kc Parepare dalam meningkatkan kualitas layanan mobile banking serta minat nasabah dalam menggunakan mobile banking BSI Kc Parepare. Hasil penelitian menjelaskan tiga unsur dalam penelitian ini pertama, standar pelayanan BSI Kc Parepare berdasarkan hasil wawancara bersama CS menjelaskan bahwa standar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat itu memiliki SOP yang telah ditetapkan agar nasabah mampu memberikan masukan pada penggunaan mobile banking BSI Kc Parepare. Selanjutnya, strategi yang digunakan oleh BSI itu terletak pada pelayanan yang semaksimal mungkin melebihi harapan nasabah dan mengunjungi nasabah yang memiliki masalah tertentu yang perlu penanganan khusus. Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam wawancara peneliti bersama Rizki Fajrawati selaku CS BSI Kc Parepare. Terakhir minat masyarakat dalam menggunakan mobile baking pada BSI Kc Parepare berdasarkan wawancara pada beberapa nasabah. Nasabah berminat menggunakan mobile banking dengan alasan yang beragam dan tertarik dengan fitur-fitur serta pelayanan yang baik oleh BSI Kc Parepare. Hal ini sesuai dengan teori unsur-unsur dan jenis minat yang diangkat peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Mobile Banking; Minat Nasabah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 20 Sep 2022 00:47
Last Modified: 20 Sep 2022 00:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item