Jaya, Muh. Ilham (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik MAN Wajo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.1100.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk kesuksesan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran adalah memiliki prestasi belajar yang tinggi. Menurut Daniel Goleman, kecerdasan intelektual hanya memberikan sumbangsih 20% pada kesuksesan seseorang. Sedangkan 80% lainnya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah kecerdasan emosional. Berdasarkan observasi awal peneliti, peneliti menemukan adanya indikasi kecerdasan emosional yang kurang pada diri peserta didik MAN Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai tingkat kecerdasan emosional dan prestasi belajar peserta didik MAN Wajo dan sekaligus menganalisis apakah kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik MAN Wajo atau tidak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dan desain penelitian korelasi bivariat. Populasi pada penelitian ini sebesar 380 peserta didik dengan sampel 79 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) tingkat kecerdasan emosional peserta didik MAN Wajo berada dalam kategori sedang (75,4% dari kriterium yang ditetapkan). (2) Prestasi belajar peserta didik MAN wajo berada pada kategori tinggi (82% dari kriterium yang ditetapkan). (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar peserta didik MAN Wajo dan model regresi tidak dapat digunakan untuk memprediksi variabel prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Apr 2022 05:57
Last Modified: 19 Apr 2022 05:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item