Idris, Irawati (2021) Upaya Pembentukan Qaulan Kariman Melalui Pembelajaran Akidah Aklak Peserta Didik Di MTs Kelas VIII Pondok Pesantren Al-urwatul Wustqaa Benteng Kec. Baranti Kab. Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Qaulan kariman adalah perkataan yang mulia, dibarengi dengan rasa hormat dan mengagungkan, enak di dengar, lemah-lembut, dan bertatakrama. Qaulan kariman harus digunakan khususnya saat berkomunikasi dengan kedua orang tua atau orang yang harus kita hormati. pembelajaran aqidah akhlak berdasarkan standar kompetensi untuk satuan mata pelajaran aqidah akhlak pada Madrasah Tsanawiyah, sebagai berikut: Akidah akhlak membahas masalah ketuhanan yang secara terperinci dikenal dengan rukun iman yang terdiri dari enam bagian yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada dan qadar. Ma’rifat sebagai inti dari aqidah yang mantap akan menimbulkan akhlak yang terpuji. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana pembelajaran akidah akhlak peserta didik di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wustqaa Benteng Sidrap 2) Bagaimana bentuk Qaulan Kariman peserta didik kelas VIII di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wustqaa Benteng Sidrap 3) Bagaimana upaya pembentukan qaulan kariman peserta didik kelas VIII Pondok Pesantren Al-Urwatul Wustqaa Benteng Sidrap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu metode induktif, metode deduktif, dan metode komperatif. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa membentuk qaulan kariman harus mendapatkan perhatian besar bagi para pendidik. Memelihara ke dalam jiwa peserta didik tentang ke-Esaan Allah swt, dan menjauhkan dari hal-hal yang dapat merusak kepribadian mereka. Ini harus dilakukan dengan menunjukkan dalil ataupun bukti yang masuk akal, serta memberikan contoh-contoh tauladan. Keyakinan terhadap kitab Allah swt dan berbuat baik karena ada hari pembalasan bagi yang ingkar terhadap Allah swt, serta keyakinan terhadap takdir baik dan buruk yang dititipkan terhadap hambanya. Langkah-langkah pendidik Akidah Akhlak dalam membentuk qaulan kariman terhadap peserta didik: a) Memberikan Materi Pembelajaran. b) Memberikan Contoh Keteladanan yang Baik. c) Mendorong Kreatifitas dalam Berpikir. d) Memberikan Motivasi. e) Pemberian Apresiasi. f) Memberikan Pengajaran Pembiasaan. g) Menciptakan Suasana Belajar-Mengajar yang favorable. Adapun bentuk-bentuk qaulan kariman diantaranya, mengucapkan salam dan membudayakan Tabe’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Qaulan kariman, Pembelajaran akidah akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:09
Last Modified: 28 Mar 2022 06:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item