Nurfadillah, Ainun (2022) Persepsi Nasabah Pada Tabungan iB Hijrah Terkait Penggunaan Layanan E-banking (Muamalat DIN) pada Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.2300.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Muamalat DIN adalah aplikasi layanan mobile banking Bank Muamalat yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja oleh seluruh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi nasabah pada bank Muamalat DIN terkait penggunaan layanan e-banking (Muamalat DIN). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penggunaan fasilitas e-banking pada produk iB Hijrah di Bank Muamalat Kcp Parepare? (2) Bagaimana persepsi nasabah terhadap fasilitas yang tersedia (Muamalat DIN) pada tabungan iB Hijrah? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas dan akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan layanan e-banking (Muamalat DIN) dipandang baik oleh nasabah karena dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. (2) Persepsi nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare menunjukkan bahwa layanan Muamalat DIN mudah untuk dipahami dan digunakan karena tampilan fitur yang sederhana serta memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Dari segi resiko dan kepercayaan menyatakan bahwa nasabah percaya bahwa layanan Muamalat DIN dapat meminimalisir terjadinya pembobolan akun ataupun pemblokir akun karena layanan tersebut dilengkapi dengan fitur biometric login (login dengan menggunakan sidik jari).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Layanan Muamalat DIN
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:57
Last Modified: 10 Mar 2022 06:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item