Arif, Edwin (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui cara penggunaan aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Pinrang, mengetahui cara penggunaan media power point dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Pinrang, mengetahui apakah terdapat perbedaan antara peserta didik yang menggunakan aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android dengan peserta didik yang menggunakan media power point di kelas X SMA Negeri 7 Pinrang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Quasi Experimental dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis data dan analisis inferensial (pengujian hipotesis). Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android dapat meningkatkan kemapuan membaca Al-quran peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Pinrang ini dibuktikan berdasarkan angka Sig. (2-tailed)= 0,000 ≤ α = 0,05, 2) penggunaan media power point dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-quran peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Pinrang hal ini dapat dibuktikan berdasarkan angka Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05, 3) terdapat perbedaan antara peserta didik yang menggunakan aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android dengan peserta didik yang menggunakan media power point pada di kelas X SMA Negeri 7 Pinrang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca Al-quran peserta didik yang diajar dengan menggunakan aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android lebih tinggi atau lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media power point hal ini dapat diketahui melalui tabel Equal variances assumed dimana pada kolom bagian t-test for equality of means diperoleh harga t = -18,981 dengan df = 58 serta sig (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android, Kemampuan Membaca Al-quran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:40
Last Modified: 24 Feb 2022 01:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item