Nurhidayah, Nurhidayah (2022) Etika Persaingan Usaha Menurut Yusuf Qardhawi. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text]
Preview
Text (Full Text)
17.2400.036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau pelaku usaha (kelompok tertentu), untuk memperoleh kemenangan atau kondisi dimana dua pihak atau lebih untuk saling mengungguli dalam mencapai tujuan yang dalam situasi tertentu. Persaingan merupakan salah satu resiko yang harus dihadapi salah satu faktor terjadinya persaingan usaha seperti usaha ritel terkadang menjual produk yang sama dan harga berbeda yang dapat menjatuhkan harga produk pesaing, dan terkadang persoalan harga dan lokasi terjadinya persaingan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep persingan usaha dalam ekonomi Islam, pendapat Yusuf Qardhawi tentang etika dalam persaingan usaha, serta relevansi pemikian Yusuf Qardhawi tentang etika persaingan usaha dengan kondisi persaingan usaha di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (Library Research). Oleh karena itu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara teknik studi kepustakaan yang mengambil dari buku-buku, teori-teori baik berupa jurnal dan juga informasi lainnya yang memiliki kaitan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep persaingan usaha dalam ekonomi Islam dilakukan dengan cara sikap yang sehat, adil, dan jujur dan agar menjalin ikatan silaturahmi persaudaraan dalam hal persaingan yang dibatasi oleh kaidah Islam dan akhlak akan membawa kebaikan dalam persaingan yang dilakukan. 2) menurut Yusuf Qardhawi etika dalam persaingan usaha yaitu melarang persaingan usaha yang tidak sehat yang bisa merugikan pihak lainnya, seperti melarang memperdagangkan barang yang haram, bersikap benar, amanah, dan jujur, larangan terhadap monopoli, sikap yang adil, dan menjalankan bisnis bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya melainkan bekal untuk akhirat 3) relevansi pemikiran Yusuf Qardhawi tentang etika persaingan usaha dengan kondisi persaingan di indonesia dalam Islam melarang terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat seperti monopoli karena monopoli merupakan suatu hal yang mementingkan kebutuhan pribadi tanpa mementingkan bahayanya yang menimpa masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika, Persaingan Usaha, Yusuf Qardhawi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:21
Last Modified: 01 Apr 2022 07:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item