Sultan, Sultan (2021) Optimalisasi Layanan Pada Peningkatan Kuantitas Nasabah di BRI Unit Tadokkong Kabupaten Pinrang (Berdasarkan Prinsip Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengoptimalan layanan pada BRI Unit Tadokkong dalam meningkatkan kuantitas nasabah dan juga ingin mengetahui apakah ada prinsip syariah yang digunakan sehingga dapat menyakinkan nasabah. BRI Unit Tadokkong yang berlokasikan di Desa bungi Kecematan Lembang Kabutaten Pinrang rata-rata menggunakan bahasa daera pattinjo yang jarang orang mengetahui bahasanya sehingga membuat perbankan lainya kewalahan menhadapinya karna seringnya timbul kesalah pahaman dalam memberikan penjelasan kepada nasabah. Namun hal ini tidak membuat BRI Unit Tadokkong kewalahan menghadapi nasabahnya justru membuat nasabah senang dan nyaman bertransaksi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang terlibat langsung dilapangan. Peneliti mendapatkan data menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prinsip syariah memberikan pedoman kepada pimpinan dan karyawan dalam melaksanakan layanan untuk meningkatkan kuantitas nasabah seperti keadilan, tanggungjawab dan juga komunikatif; 2) Sikap dan tanggung jawab karyawan dalam berkomunikasi dengan pihak nasabah menjadi faktor sebab utama nasabah merasah puas dan nyaman dalam bertransaksi; 3) Pimpinan BRI Unit Tadokkong dalam mengoptimalkan suatu kegiatan perbankan yaitu dengan cara merekrut karyawan yang mampu berkomunikasi dengan berbahasah daerah yang digunakan di daerah BRI Unit Tadokkong atau memiliki hubungan emosional dengan nasabah sehingga semua kalangan baik itu kaum awam bisa menggunakan jasa perbankan yang membuat kuantitas nasabah terus meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Layanan, Prinsip Syariah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Agung Sutrisno
Date Deposited: 16 Mar 2022 08:40
Last Modified: 16 Mar 2022 08:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item