Nurdiana, Nurdiana (2020) Hubungan antara Kecerdasan Spiritual Guru Pendidikan Agama Islam dengan Sikap Keagamaan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan spiritual guru Pendidikan Agama Islam merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh guru meliputi bersikap fleksibel, kesadaran diri, kemampuan menghadapi penderitaan, bersikap baik terhadap cobaan, mempunyai visi, tidak menyebabkan kerugian, berpikir holistik, kecenderungan bertanya dan memiliki kemandirian berdasarkan nilai-nilai agama yang diyakini. Sikap keagamaan peserta didik merupakan suatu keadaan yang mendorongnya dalam bertingkah laku selalu berkaitan dengan agama dan menjadi pribadi yang disiplin, dermawan, jujur, sabar dan ikhlas yang terbentuk melalui pengalaman dan interaksi dengan berbagai unsur lingkungan sosialnya seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan spiritual guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Parepare berada pada kategori baik yaitu 83% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 89 responden. (2) Sikap keagamaan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Parepare berada pada kategori sedang yaitu 74% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 89 responden. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual guru Pendidikan Agama Islam dengan sikap keagamaan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Parepare yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 89 responden dengan nilai signifikansit_hitung = 4,078 ≥ t_tabel = 1,987 pada tingkat signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual Guru Pendidikan Agama Islam, Sikap Keagamaan Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:56
Last Modified: 17 Jan 2022 03:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item