Irma, Ade (2021) Relevansi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat pemerintah menetapkan berbagai kebijakan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Kebijakan social distancing menyebabkan kegiatan pembelajaran tatap muka seluruh tingkat pendidikan tidak bisa dilaksanakan. Penyelenggara pendidikan harus mengambil kebijakan terkait pelaksanaan kegiatan pembelajaran agar capaian pembelajaran tetap tercapai. Dengan kebijakan social distancing, kementrian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan kebijakan belajar dirumah menggunakan pembelajaran online. Pembelajaran online menjadi pilihan karena sifatnya yang fleksibel, yang memungkinkan siswa mengakses informasi dan sumber belajar tanpa batas ruang dan waktu. Pembelajaran online menjadi pilihan terbaik untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau Library Research dengan mengumpulkan berbagai macam referensi (buku) yang membahas tentang Relevansi Pembelajaran online dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di masa pandemi ini. Dalam hal ini, pengumpulan data penelitian diperoleh melalui metode penelitian dengan cara tekstual yang ada dan erat hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Dalam penelitian kepustakaan, ditempuh dua cara yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam, guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana belajar yang baik, meskipun dengan sistem pembelajaran online, guru harus lebih kreatif dalam mengelolah forum kelas pembelajaran online. Proses pendidikan bermutu apabila mampu menciptakan suasana yang PAKEMB (pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan bermakna), karena kualitas pendidikan menjadi tanggung jawab guru atau pendidik untuk menentukan keberhasilan suatu tujuan pendidikan. Pendidikan akan berhasil apabila mampu menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan nilai dan sikap dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Proses Pembelajaran dan Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:16
Last Modified: 10 Jan 2022 03:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item