Ihsan, Ahmad (2020) Efektivitas Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran di Lembaga Tahfidz Alquran Pondok Pesantren Ittihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-lerang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seorang guru harus memiliki wawasan yang luas untuk menereapkan metode yang cocok dalam pembelajaran tahfidz. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran yang monoton sehingga banyak siswa yang menganggap pembelajaran tahfidz itu sulit. Sehingga diperlukan suatu metode yang tepat agar tujuan pembelajaran tahfidz tersebut bisa tercapai, salah satunya dengan metode talaqqi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan menghafal Alquran dengan menggunakan metode talaqqi dan efektivitas metode talaqqi dalam menghafal Alquran di Lembaga Tahfidz Alquran Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan latar Lembaga Tahfidz Alquran Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang . Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan pembina dan santri di Lembaga Tahfidz Alquran Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang, hasil pengamatan dalam proses pembelajaran serta pengumpulan dokumen dari staf yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan menghafal menggunakan metode talaqqi terdiri dari tiga tahapan yaitu: Pertama persiapan pembelajaran yaitu; dengan menyiapkan materi yang akan disampaikan, menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang tercapainya target dalam pembelajaran. Kedua kegiatan pembelajaran yang mempunyai tiga tahapan yaitu; murojaah hafalan, talaqqi hafalan baru, setoran hafalan harian. Yang ketiga evaluasi, yang terbagi menjadi dua yaitu evaluasi mingguan adalah penilaian yang dilakukan sekali dalam satu pekan dan evaluasi akhir bulan adalah penilaian yang dilakukan sebagai bentuk ujian untuk melangkah ke juz selanjutnya. Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran. Dalam hal menghafal Alquran menggunakan metode talaqqi dapat disimpulkan bahwa metode yang diterapkan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan mutu hafalan, menciptakan perubahan yang tentunya membuat hafalan santri dan santriwati meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:37
Last Modified: 27 Sep 2021 02:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item