Hamka, Hamka (2020) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Manasik Haji Peserta Didik Kelas X SMK Amsir 1 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.0211.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman manasik haji peserta didik kelas X SMK Amsir 1 Parepare. Penelitian pada tesis ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Amsir 1 Parepare dengan menerapkan model pembelajaran CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah True Experimental Design, instrumen penelitian adalah Tes tertulis dan tes praktik. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, dan dokumentasi; Teknik pengelolaan dan analisis data yang meliputi Statistik Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian ini adalah (1) Meningkatnya pemahaman manasik haji peserta didik pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan hasil post-test adalah 85,60 sedangkan hasil pre-test pada kelas eksperimen adalah 67,65 (2) penerapan model pembelajaran CTL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman manasik haji peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh t hitung (9,331) ≥ t tabel (1,725) (t hitung lebih besar dari t tabel) maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Pemahaman Manasik Haji
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Oct 2020 00:28
Last Modified: 23 Oct 2020 00:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item