Amrah, Muhammad Arfan (2019) Sinergitas Tripusat Pendidikan Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus Pada MAN 2 Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.1100.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Muhammad Arfan Amrah. Sinergitas Tripusat Pendidikan Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus Pada MAN 2 Parepare). Sinergitas Tripusat Pendidikan merupakan hubungan tiga lingkungan pendidikan anak yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat yang memiliki tujuan yakni mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur’an siswa yang disebabkan karena adanya pengaruh beberapa faktor, baik berasal dari faktor internal maupun eksternal. bertujuan untuk mengetahui peran, faktor pendukung dan penghambat dan sinergitas tripusat pendidikan dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur’an siswa MAN 2 Parepare. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data domain. Hasil analisis data sebagai berikut, tiga lingkungan pendidikan yaitu Guru al-Qur’an Hadist, orang tua siswa serta guru mengaji berperan dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur’an siswa, ketiganya melakukan banyak upaya di antaranya memberikan motivasi belajar, perhatian khusus kepada siswa, kesiapan, kebiasaan belajar siswa dan adanya media dan fasilitas serta strategi pembelajaran berupa bimbingan khusus serta menerapkan pendekatan tutur sebaya oleh guru al-Qur’an Hadist dan metode iqro oleh guru mengaji kepada siswa hal ini juga menjadi faktor pendukung untuk mengatasi faktor-faktor penghambat yang ada seperti adanya siswa yang kebanyakan bermain daripada belajar atau kesukaran belajar, rendahnya kapasitas intelegensi siswa, labilnya emosi dan sikap siswa dan ketidakharmonisan keluarga serta kurangnya durasi waktu pembelajaran. Pola kerjasama antara madrasah dengan orang tua/wali siswa MAN 2 Parepare didominasi oleh keterlibatan orang tua dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh madrasah khususnya dalam kegiatan baca tulis al-Qur’an begitupun kerjasama dengan guru mengaji. Sedangkan sinergitas lingkungan sekolah dengan lingkungan masyarakat yakni tidak saling bersinergi karena lingkungan keluarga yang memilki pola kerjasama dalam berhubungan dengan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sinergitas, Tripusat Pendidikan, Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Arif
Date Deposited: 29 Sep 2020 22:48
Last Modified: 29 Sep 2020 22:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item