Effendi, Nur Alfian (2019) Dampak Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII.I di MTs Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.1100.178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw merupakan suatu proses kegiatan pembelajaran yang meliputi pemberian materi, pembagian kelompok, pembagian kertas lotre yang berisikan topik pembahasan materi, pembuatan soal, pemberian pertanyaan-pertanyaan dan penyampaian argument yang dilakukan oleh peserta didik. Kooperatif Tipe Jigsaw berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik berperan aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Proses penelitian ini dilakukan karena adanya proses pembelajaran yang masih tergolong klasik dan kurang efektif. Selain itu, peran peserta didik masih kurang dimaksimalkan kemudian proses pembelajaran yang berlangsung pada saat siang hari ini membuat peserta didik jenuh dan bosan dengan materi pelajaran. Hal tersebut berdampak pada kurangnya minat, semangat serta hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VIII.I MTs Negeri Parepare. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data, serta teknis analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dari siklus I, hingga siklus II mengalami peningkatan hingga 75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII.I MTs Negeri Parepare Tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw, hasil belajar, Fiqih
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Aug 2020 00:31
Last Modified: 25 Aug 2020 00:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item