Latif, Hadawia (2019) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Penguatan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Manbaul Ulum Patobong Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.1100.174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pembelajaran akidah akhlak terhadap penguatan karakter peserta didik yaitu upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah swt. dan merealisasikannya dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, keteladanan dan pembinaan, untuk menguatkan karakter-karakter yang ada pada peserta didik seperti religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan santun dan percaya diri, agar karakter tumbuh dan kuat dalam sikap dan perilaku peserta didik. Permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Manbaul Ulum Patobong Kabupaten Pinrang?. 2) Bagaimana penguatan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Manbaul Ulum Patobong Kabupaten Pinrang?. 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap penguatan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Manbaul Ulum Patobong Kabupaten Pinrang?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitiannya yaitu asosiatif untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak dengan penguatan karakter peserta didik, dengan data yang diperoleh melalui dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Versi 16.0 dan rumus t-test satu sampel 1) Pembelajaran akidah akhlak pada kategori sangat rendah yaitu 34 % dengan menggunakan rumus t-test satu sampel. 2) Penguatan karakter peserta didik berada pada kategori sangat rendah yaitu 49 % dengan menggunakan rumus t-test satu sampel. 3) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap penguatan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Manbaul Ulum Patobong Kabupaten Pinrang, hasil uji hipotesis dengan menggunakan program IBM SPSS Versi 16.0 diketahui nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang mengandung arti bahwa terdapat pengaruh antara pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap penguatan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Penguatan Karakter Peserta Didik, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:32
Last Modified: 23 Jul 2020 07:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item