Muhadir, Muhadir (2018) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Dana Pensiun dalam Meningkatkan Minat Nasabah di Bank BNI KCU Parepare (Analisis Manajemen Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran target pasar (targeting), posisi pasar (positioning), dan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap produk tabungan BNI Simponi (simpanan pensiun BNI) dalam meningkatkan minat nasabah di Bank BNI KCU Parepare. Strategi pemasaran merupakan suatu strategi perusahaan dalam memasarkan produknya ataupun jasa yang ditawarkan kepada masyarakat/konsumen untuk tercapainya suatu tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu, menggunakan analisis induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Target pasar (targeting) yang digunakan dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk tabungan BNI Simponi pada Bank BNI KCU Parepare adalah Konsentrasi Segmen Tunggal (Single Segment Concentration), Dalam alternatif ini, konsentrasi segmen tunggal, bank dapat memilih hanya kepada satu segmen saja. Artinya, kita konsentrasikan segmen mana yang paling potensial dan menguntungkan bank. 2). Posisi pasar (positioning) yang digunakan dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk tabungan BNI Simponi pada Bank BNI KCU Parepare adalah penentuan posisi menurut manfaat, dalam pengertian ini produk diposisikan sebagai pemimpin dalam manfaat tertentu. 3). Bauran pemasaran (marketing mix) yang digunakan dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk tabungan BNI Simponi pada Bank BNI KCU Parepare meliputi, product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Dan ketiganya telah sesuai dengan Manajemen Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, BNI Simponi, Analisis Manajemen Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Jun 2020 06:47
Last Modified: 09 Jun 2020 06:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item