Fitri H., Nurul (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Peserta Didik SMAN 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah untuk menanamkan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran agama islam dan membentuk perilaku yang baik terhadap peserta didik sehingga dalam proses interaksi di sekolah dan dalam masyarakat tidak terjadi konflik yang dapat mengancam kerusuhan di sekolah dan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku menyimpang peserta didik dan gambaran tentang Guru PAI dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik SMAN 3 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data digunakan dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di SMAN 3 Parepare bahwa (1) Peran Guru PAI dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik SMAN 3 Parepare melakukan pembinaan memberikan arahan-arahan yang baik dan bimbingan secara individu maupun secara kelompok. (2) Guru PAI bekerja sama dengan guru bimbingan konseling, kepala sekolah, maupun orang tua peserta didik agar lebih memantapkan dalam memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik dengan menjalin kerja sama antara sekolah dan orang tua, keduanya dapat saling bertukar informasi. (3) Guru PAI juga mengadakan kegiatan yang positif yang dapat menjadi alat untuk mengontrol peserta didik dalam proses pembelajaran seperti memulai pembelajaran dengan membaca doa dan surah-surah pendek, memberikan ceramah yang isinya dikaitkan dengan sikap teladan para Nabi dan Rasul kemudian dikaitkan lagi dengan tingkah laku keseharian peserta didik agar peserta didik dapat mencontoh sikap teladan yang baik para Nabi dan Rasul untuk diaplikasikan dalam kesehariannya dan mampu tertanam dalam diri mereka, dengan cara tersebut maka peserta didik agar kiranya dapat terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI. Perilaku Menyimpang Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 20 May 2020 09:11
Last Modified: 20 May 2020 09:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item