Ramadani, Amalia (2019) Peranan Guru Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, karena motivasi menjadi penggerak yang membuat peserta didik lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Guru fiqih memegang peranan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Guru fiqih hendaknya dapat mendorong peserta didik agar bergairah dan aktif dalam belajar. Upaya memberikan motivasi guru fiqih dapat menganalisis motif-motif yang melatarbelakangi peserta didik malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan bentuk motivasi yang diberikan oleh guru fiqih terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Penelitian ini Menggunakan jenis penelitian naturalistik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode field Research. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dakumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare, yaitu guru berperan sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai pengatur lingkungan belajar, sebagai demonstrator, sebagai supervisor, sebagai motivator dan sebagai evaluator. 2) Bentuk motivasi belajar yang telah diberikan oleh guru fiqih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Parepare yaitu memberi angka/nilai, memberikan pujian, menciptakan Kompetisi, memberi ulangan, membagi tugas, memberikan hukuman, dan memberikan hadiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru Fiqih, Motivasi Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 May 2020 06:12
Last Modified: 08 May 2020 06:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item