Mahmuddin, Mutmainnah (2018) Implementasi Prinsip-prinsip Pembelajaran dalam mengatasi Kesulitan Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik di SD Negeri 7 Baranti. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Prinsip pembelajaran adalah landasan berfikir, landasan berpijak untuk membantu terwujudnya tujuan pembelajaran yang akan dicapai. kesulitan belajar adalah tingkah laku belajar dikalangan dimana peserta didik itu tidak dapat belajar sebagai mana mestinya. Yang disebabkan dengan berbagai macam hambatan dan gangguan yang dapat dilihat dari berbagai tingkah laku yang terlihat dari individu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip pembelajaran dalam megatasi kesulitan belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam pesrta didik di SD 7 Baranti. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu prosedur data deskriptif berupa ucapan atau tindakan dari subjek yang diamati. Data tersebut dideskripsikan untuk memberikan gambaran umum tentang subjek yang diteliti. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi yaiutu pengamatan langsung dilapangan tentang permasalahan yang diteliti, wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Wali kelas, dan peserta didik sebagai responden maupun informan yang berkaitan dengan informasi. Kemudian metode selanjutnya yaitu dokumentasi yakni mencari data mengenai hal-hal variabel yang berupa catatan mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip, termasuk juga buku tentang teori, pendapat, dalil atau hukum, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu editing, klasifikasi, verivikasi, analisis dan konklusi. Hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar yang dialami peserta didik di SD Negeri 7 Baranti, yaitu: kurangnya minat belajar, sulit konsentrasi, lambat dalam memahami pelajaran dan kurang perhatian terhadap pekerjaan rumah. (2) Dalam proses pembelajaran guru menerepkan prinsip-prinsip pembelajaran berupa prinsip motivasi, menggali potensi, mengaitkan potensi peserta didik dengan mata pelajaran dan bimbingan secara individu kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prinsip-prinsip Pembelajaran, kesulitan belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 May 2020 08:40
Last Modified: 05 May 2020 08:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item