Hamang, Nasri and Saleh, Adnan Achiruddin and Sulvinajayanti, Sulvinajayanti (2020) Pengasuhan Disiplin Positif Islami (Perspektif Psikologi Komunikasi Keluarga). Penerbit Aksara Timur, Parepare, Indonesia. ISBN 978-602-5802-47-8

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Buku Pengasuhan disiplin positif Islami.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini angka kekerasan terhadap anak cukup besar dan memprihatinkan. Kecenderungan angka tersebut terus meningkat secara kuantitas. Tingginya kekerasan yang dilakukan orang tua kepada anak, menjadi kasus besar kekerasan yang diterima anak. Orang tua menganggap kekerasan pada anak adalah hal yang wajar. Orang tua beranggapan kekerasan adalah bagian dari mendisiplinkan anak. Padahal orang tua adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam mengupayakan kesejahteraan, perlindungan, peningkatan kelangsungan hidup, dan mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya. Orang tua melakukan pendisiplinan kepada anak melalui kekerasan masih cukup tinggi yang ditandai dengan persepsi negatif pada anak. Terdapat penelitian yang mendukung angka tersebut, yakni terdapat 58,5% orang tua berpersepsi negatif dan 41,5% orang tua berpersepsi positif tentang kekerasan pada anak. Faktor yang mempengaruhi responden berpersepsi negatif adalah informasi dan pengetahuan yang kurang, serta sosial ekonomi yang relative rendah. Pelaku kekerasan pada anak dilakukan oleh orang terdekat dengan jumlah 90 % dan hanya 10 % orang lain. Hasil monitoring dan evaluasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2012 di 9 Propinsi di Indonesia menunjukkan bahwa 91 persen anak menjadi korban kekerasan di lingkungan keluarga. Masih menurut KPAI bahwa pada tahun 2011 terjadi 2.178 kasus kekerasan, tahun 2012 terdapat 3.512 kasus, tahun 2013 terdapat 4311 kasus, tahun 2014 ada 5.066, dan tahun 2015 ada 6.006 kasus.

Item Type: Book
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Apr 2020 08:09
Last Modified: 23 Apr 2020 08:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item