Rabiyah, St. (2017) Efektivitas Gerakan Magrib (Gemar) Mengaji dalam Pengembangan Budaya Pembelajaran Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.0211.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang efektivitas Gerakan Magrib (Gemar) Mengaji dalam Pengembangan Budaya Pembelajaran Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan budaya pembelajaran Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. (2) menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. (3) mendeskripsikan solusi faktor penghambat dalam pengembangan budaya pembelajaran Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, pendekatan teologis normatif. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, penelusuran referensi, dan triangulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan (credibility) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan gerakan Magrib (Gemar) Mengaji dalam pengembangan budaya pembelajaran Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare dilaksanakan pada waktu malam setelah shalat Magrib sampai shalat Isya yang dipandu dan dibimbing oleh guru pembina iman dan taqwa (IMTAQ) yang merupakan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Bentuk pembelajarannya ialah pembina menyampaikan kaidah tajwid secara umum dengan menggunakan metode ceramah, tutor sebaya, dan metode tadabbur, yaitu memahami makna/ terjemahan Al-Qur’an. Adapun faktor pendukungnya ialah sistem boarding school, adanya kerjasama yang baik di antara guru dan perhatian stakeholder pendidikan di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. Sedangkan faktor penghambatnya ialah masih adanya siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an dan terbatasnya waktu pembelajaran. Implikasi penelitian ialah gerakan Magrib (Gemar) mengaji di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare perlu dipertahankan dan ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. Hendaknya stakeholder pendidikan bekerjasama dalam rangka pengembangan budaya Al-Qur’an dan guru hendaknya berperan aktif dalam kegiatan Gerakan Magrib (Gemar) Mengaji di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare dengan melakukan pembinaan kepada para siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Gerakan Magrib, Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Apr 2020 01:57
Last Modified: 14 Apr 2020 01:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item