Said, Salma (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK-Pembangunan Pertanian Negeri Rea Timur Kabupaten Polewali Mandar. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK-Pembangunan Pertanian Negeri Rea Timur Kabupaten Polewali Mandar. Adapun tujuan penelitian tesis ini adalah untuk memperoleh informasi apakah penggunaan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK-Pembangunan Pertanian Negeri Rea Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperiment dengan desain quasi eksperiment (Nonequivalent control group design). Jumlah sampel pada penelitian ini 33 peserta didik kelas XI Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hotikultura sebagai kelas eksperiment berjumlah 16 peserta didik dan sebagai kelas kontrol berjumlah 17 peserta didik. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, untuk variabel pertama yaitu model pembelajaran quantum learning dan variabel kedua yaitu hasil belajar PAI, dan alat pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI, ini dapat di lihat dari hasil nilai rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis (uji t) menggunakan SPSS version 22 dengan teknik uji independent sampel t test menunjukkan bahwa nilai thitung 5,693 > nilai ttabel 2.040. adapun besaran pengaruhnya didapatkan dari (O2-O1)-(O4-O3) atau (1320-1005)-(1175-930) maka didapatkan angka 70 sebagai besaran pengaruh quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan H0 ditolak, yang artinya penggunaan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik Kelas XI Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hotikultura SMK-Pembangunan Pertanian Negeri Rea Timur Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Mar 2020 00:24
Last Modified: 25 Mar 2020 00:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item