Alang, Nur (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis Informasi dan Teknologi (IT) Melalui Variasi Gaya Mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
17.0211.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis Informasi dan Teknologi Melalui Variasi Gaya Mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar melalui variasi gaya mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Parepare dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. penelitian lapangan (Field Research), peneliti langsung ke lapangan atau dilakukan di sekolah dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, guna memperoleh data yang jelas dan representatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama. Upaya peningkatan hasil belajar melalui variasi gaya mengajar di Sekolah Luar Biasa Negeri Parepare. Variasi mengajar bagi anak berkebutuhan khusus memiliki beberapa metode pembelajaran seperti metode simulasi dan demonstrasi bagi anak tunagrahita. Tuna netra cocok dengan media yang bersuara, seperti tape recorder dan peranti lunak JAWS. Tuna rungu menggunakan speechreading dengan bantuan alat prostesis cochlear implant. Bagi peserta didik tuna daksa atau berkelainan fisik dalam belajar di sekolah membutuhkan lingkungan yang kondusif, baik lingkungan fisik, psikologis, maupun sosial. Tuna daksa memerlukan ruang sumber belajar dan kelas khusus dalam proses belajar dan memerlukan latihan keterampilan menolong diri, dengan ingin dicapainya kemandirian bagi anak berkebutuhan khusus. Bagi anak autis pembelajaran variasi gaya mengajar berbeda-beda agar menjadi terbiasa bagi mereka, karena anak autis lebih suka dengan rutinitas yang berulang-ulang. Kedua. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Parepare. Secara umum kendala yang dihadapi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Parepare, yaitu fasilitas sekolah belum memadai, kurangnya sumber daya manusia dalam pengajaran anak berkebutuhan khusus. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan agar sarana dan prasarana yang menjadi media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus dapat dipenuhi dan diperlengkap lagi. Kepada pihak sekolah untuk memberikan dukungan dan kerjasama antar guru semakin baik, agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal khususnya pada kelas Anak Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Variasi Mengajar, Anak berkebutuhan Khusus
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:32
Last Modified: 12 Feb 2020 03:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item