Rahayu, Sri (2018) Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
13.1100.119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini mengkaji tentang implementasi nilai-nilaai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Pinrang, implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional dalam hal ini dibutuhkan kerja sama yang baik antara pendidik dan orang tua dalam peningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh peserta didik baik berupa akhlak, tanggung jawab, etika berbicara dan menyapa, etika di dalam ruangan kelas saat menerimah pembelajaran dan lain sebaginya sehingga dapat membantu dan memudahkan pendidikan mengontrol kecerdasan emosi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi adapun analisis data yang digunakan dengan tekhnik deskriftif. Mendeskripsikan mengenai implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Pinrang. Hasil penelitian ini dapat saya kemukakan bahwasanya implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional telah diaplikasikan oleh peserta didik dengan baik dan cukup bagus dalam kehidupan sehari-hari khusunya di lingkungan sekolah. Merekapun telah mampu mengendalikan diri saat mereka dihadapkan persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan sekolah terutama pada saat mereka menerimah pembelajaran. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum dapat mengimplementasikan namun hal ini tidak menjadi beban bagi pendidik dalam mentransfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk peningkatan kecerdasan emosional yang dimiliki peserta didik yang ada di SMP Negeri 1 Pinrang justru mereka selalu mengadakan berbagai macam pengajaran melalui kegiatan ekstra maupun intra seperti halnya: diniah tiap hari jum’at, yasinan tiap hari jum’at, membuat organisasi remaja masjid, memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan lain sebagainya mengenai kegiatan keIslaman dengan harapan agar peserta didik yang ada di SMP Negeri 1 Pinrang tanpa terkecuali mampu meningkatkan kecerdasan emosional yang ada pada diri individu masing-masing dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arwin Arwin |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 22:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 22:41 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |