Mayranda, Wanda (2022) Penerimaan diri Orang Tua Pada Anak AUTIS (Studi Kasus pada Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1800.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana penerimaan diri orang tua pada anak autis di Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi terkait anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jumlah informan yaitu sebanyak 5 diantaranya yaitu guru dan orang tua anak di Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi Kota Parepare. Pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Data analisis digunakan yaitu data reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran di Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi menggunakan pendekatan pembelajaran students center learning dimana guru melakukan stimulus kepada anak untuk berperan lebih aktif dalam pembelajaran, proses pembelajaran antara anak dengan kebutuhan khusus tidak mengikuti rencana pembelajaran yang telah disusun pada RPP, namun menggunakan pendekatan minat dan hobi masing-masing anak. Faktor pendukung pada anak autis di Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi Kota Parepare ialah peran orang tua yaitu sebagai penjaga dalam setiap proses pembelajaran untuk memberikan situasi pembelajaran yang efektif, media visual pembelajaran sangat disenangi oleh anak penderita autis dimana keaktifan dalam kegiatan menggambara dan melukis serta melakukan aktivitas lainnya. Sedangkan faktor pennghambat pada pembelajaran yaitu lingkungan kelas yang bising sehingga membuat anak penderita autis merasa terganggu. Penerimaan diri orang tua pada anak autis di Raudhatul Athfal Ashabul Khafi Kota Parepare dilakuka secara ihklas dan menerima seluruh kondisi yang dihadapi oleh keluarga, penerimaan diri tersebut baik dari keluarga maupun lingkungan sekolah, namun beberapa lingkungan rumah belum menerima kodrat dilahirkannya anak dengan kondisi berkebutuhan khusus dalam artian mengalami cacat autis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan diri Orang Tua, Anak AUTIS
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:05
Last Modified: 26 Jan 2023 08:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item