Amelia, Citra (2022) Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosio Emosional Anak Usia Dini di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.3200.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Anak Usia Dini di Kec. Suppa membutuhkan bantuan dalam perkembangannya khususnya perkembangan sosio emosional yang memerlukan peran orang tua untuk mengasah dan mendidik pola interaksi dan pelepasan emosi saat bersosialisasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan sosio emosional anak usia dini, mengetahui peran yang dijalankan orang tua dalam perkembangan sosio emosional anak, serta dampak teknologi pada perkembangan sosio emosional anak usia dini di Kecamatan Suppa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di KecamatanSuppaKabupatenPinrang selama dua bulan. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan wawancara terhadap sebelas orang tua yang memiliki anak usia dini di Kecamatan Suppa. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosio emosional anak memenuhi tahap perkembangan psikososial Erik Erikson pada tiga tahap awal dimana tahap pertama percaya vs tidak percaya memperlihatkan sebagian anak tidak memiliki kedekatan positif pada orang tuanya sehingga berdampak pada kepercayaan terhadap orang lain yang lebih cenderung negatif. Tahap kedua yaitu tahap kemandirian vs malu dan ragu-ragu memperlihatkan bahwa anak kebanyakan berada pada kategori malu dan ragu-ragu disebabkan karena orang tua suka melarang atau terlalu melindungi dan membuat anak terbiasa melakukan sesuatu secara mandiri. Tahap ketiga yaitu tahap inisiatif vs rasa bersalah yang memperlihatkan bahwa anak kebanyakan berada pada kategori rasa bersalah. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa peran yang dilaksanakan orang tua ada 4 peran yaitu peran pendidik, peran pengasuh, peran motivator, dan peran model. Hasil penelitian selanjutnya memperlihatkan bahwa dampak teknologi cukup menghambat perkembangannya karena anak ketergantungan terhadap gadget tetapi dapat di control melalui pembatasan waktu penggunaan gadget

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran; Perkembangan; Sosio Emosional; Anak Usia Dini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:23
Last Modified: 16 Jan 2023 07:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item View Item