Mansur Binti, Nuraini (2022) Evaluasi Program Pembelajaran Luring Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) di Sekolah Dasar Negeri 95 Tanete. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1100.133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari media pembelajaraan, sistem pembelajaran serta keefektifan pembelajaran luring Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SDN 95 Tanete pada masa pandemic covid-19. Pihak pendidik akan mengetahui tingkat keberhasilan dan letek kekurangan pada program pembelajaran luring tersebut dengan adanya tindakan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana penulis menjadikan program pembelajaran luring pada masa pandemic covid-19 menjadi sumber dari penelitian ini. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan salah satu peserta didik. Data dikumpul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi berdasarkan model evaluasi Context, Input, Process dan Product (CIPP). Indikator konteks mengambarkan mengenai lingkungan peserta didik, input atau masukan mengambarkan mengenai kemampuan awal peserta didik dan sekolah dalam menunjang program, proses mengambarakan mengenai kejadian atau kegiatan selama proses program luring berlangsung sedangkan produk mengambarakan mengenai hasil yang didapatkan setelah program tersebut dilaksanakan. Data yang dihasikan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran luring Pendidikan Agama Islam yang diterapkan oleh pihak sekolah merupakan hal yang baru dihadapi oleh pihak pendidik sehingga masih terdapat banyak kekurangan dalam pelaksanaan program pembelajaran luring tersebut. Dari segi media yang kurang, sistem pembelajaran yang berbeda dengan sistem pembelajaran sebelumnya serta keefektifan yang masih terbilang kurang karena pihak pendidik dan peserta didik belum pernah mendapatkan gambaran sebelumnya dalam melaksanakan pembelajaran luring pada masa pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19, Model Evaluasi CIPP
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:13
Last Modified: 19 Jan 2023 06:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item View Item