Fadillah, Reski (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Katteong Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran daring adalah sebuah interaksi antara pendidik dan peserta didik, dimana pendidik dan peserta didik tidak bertatap muka secara langsung. Pembelajaran ini memanfaatkan multimedia teknologi WhatsApp dan youtube. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengalami dari berbagai pengalaman dalam belajarnya. Proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan perilaku dan kemampuan dari interaksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMP Negeri 3 Katteong kabupaten pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, khususnya kuantitatif Ex Post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 83 orang dari 105 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat penerapan pembelajaran daring pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Katteong Kabupaten Pinrang termasuk kategori sedang, yaitu 0,78 atau 78% dengan nilai sig = 0,000 < α = 0,05 maka H0 Ditolak. (2) tingkat hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMP Negeri 3 Katteong Kabupaten Pinrang termasuk kategori tinggi, yaitu 0,88 atau 88% dengan nilai sig = 0,000 < α = 0,05 maka H0 Ditolak. (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMP Negeri 3 Katteong Kabupaten Pinrang. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Ŷ = 11,783 + 1,216X, dan diketahui nilai R square sebesar 0,613. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik (Y) sebesar 61,3%, sedangkan 28,6% hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:59
Last Modified: 18 Jan 2023 03:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item