Rizkaini, Dzul Asri (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Snowballing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada Materi Hafalan Surah-Surah Pendek di Kelas IV UPTD SDN 34 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Metode Snowballing adalah metode yang diawali dengan melakukan aktivitas baik itu kegiatan mengamati maupun menghafal yang dilakukan secara individu. Kegiatan perorangan ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kelompok kecil yang terdiri dari dua orang berkembang menjadi empat orang, delapan orang, enam belas orang, dan seterusnya sehingga berakhir pada pembagian dua kelompok besar dalam suatu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta menghafalkan sebuah surah pendek sehingga dapat memudahkan para peserta didik dalam memperlancar bacaannya serta melafalkan surah-surah pendek dalam Al-Qur’an sesuai dengan kaidah bacaannya. Penelitian dilakukan di UPTD SDN 34 Parepare, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian lapangan (field research) dengan desain penelitian kuantitatif korelasi bivariat yang mengkaji hubungan dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa mengenai pengaruh penggunaan metode Snowballing untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada materi hafalan surah-surah pendek peserta didik di kelas IV UPTD SDN 34 Parepare, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1). Penggunaan metode Snowballing peserta didik di kelas IV UPTD SDN 34 Parepare, yang memperoleh hasil dari One-Sampel-Test yang diketahui sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga skor perhitungan yang terdapat pada variabel X sebesar 0,9 atau 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Snowballing peserta didik di kelas IV UPTD SDN 34 Parepare termasuk kategori sangat kuat. 2). Hasil belajar PAI peserta didik di kelas IV UPTD SDN 34 Parepare memperoleh One-Sampel-Test diketahui sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga skor perhitungan yang terdapat pada variabel Y sebesar 0,08 atau 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI pada materi hafalan surah-surah pendek peserta didik di kelas IV UPTD 34 Parepare termasuk kategori sangat kuat. 3). Berdasarkan hasil data dari tabel coefficient (α) diperoleh sig = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga, dapat disimpulkan bahwa terhadap pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan metode Snowballing terhadap hasil belajar PAI pada peserta didik di kelas IV UPTD SDN 34 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Snowballing, Hafalan Surah-surah Pendek.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:38
Last Modified: 17 Jan 2023 07:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item