Yusrah, Debby (2022) Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kepercayaan Diri merupakan salah satu sikap yang sangatlah penting bagi kehidupan yang berupa keyakinan akan kemampuan diri yang diperoleh dari pengalaman hidup dan dapat diajarkan dan ditanamkan melalui pendidikan. Hasil belajar adalah sebuah hasil yang diraih dari aktivitas dalam belajar. Pencapaian atau hasil pembelajaran dari seseorang dapat berupa data atau angka (nilai) yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 3 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri (X) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 65 orang dari dari 225 populasi dari jumlah kelas VIII secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel yang memberikan peluang yang sama kepada setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan inferensial dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepercayaan diri berada pada kategori rendah 69,2% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket 65 reponden. (2) hasil belajar pendidikan agama islamberada pada kategori sangat sedang (77%) dari kriterium yang ditetapkan. (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 3 Parepare dan model regresi tidak dapat digunakan untuk memprediksi variabel hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Alim Fasieh
Date Deposited: 20 Oct 2022 00:57
Last Modified: 20 Oct 2022 00:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item