HM, Safika (2022) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 10 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1600.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMAN 10 Pinrang dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Quazi eksperimental yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 10 Pinrang pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 4 kelas dan dipilih 2 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebesar 3,89 (terlaksana dengan sangat baik), (2) Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas eksperimen yaitu 41,4 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen yaitu 78,2 berada pada kategori sedang, (3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (22 siswa) mencapai ketuntasan individu, (5) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,63 (kategori sedang). Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih besar dari 71 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran Cooperative Script. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script efektif digunakan pada siswa Kelas X SMAN 10 Pinrang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Cooperative Script
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 20 Oct 2022 00:43
Last Modified: 20 Oct 2022 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item View Item