Rahma, Mulyanti (2022) Pengaruh Model Pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dalam Perspektif Gender Di SMA Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1600.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik disebabkan karena proses pembelajaran yang berpusat kepada pendidik, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran serta tidak ada dorongan dari peserta didik baik laki-laki atau perempuan untuk belajar matematika, akibatnya peserta didik sulit dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) terhadap kemampuan literasi matematis dalam perspektif gender. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Experimental Design yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Pinrang. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan tes (pretes dan posttes) untuk membedakan kemampuan literasi matematis yang dimiliki peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction); (2) kemampuan literasi matematis yang dimiliki peserta didik laki-laki berbeda dengan kemampuan literasi matematis yang dimiliki peserta didik perempuan; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) dengan perbedaan gender terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik; (4) kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) lebih baik dari peserta didik laki-laki yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction); (5) kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) lebih baik dari peserta didik perempuan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Direct Instruction, Kemampuan Literasi Matematis, Gender
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:34
Last Modified: 19 Oct 2022 04:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item View Item