Yasran, Yasran (2022) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kecerdasan Sosial Peserta Didik di MAN 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kecerdasan Sosial Peserta didik di MAN 2 Parepare, dalam hal ini pembinaan kecerdasan sosial Peserta didik menggunakan metode keteladanan dan metode pembiasaan yang dilakukan oleh Pendidik, kemudian untuk pembinaannya perlu adanya kerjasama antara pendidik dan orang tua peserta didik baik itu bersifat empati, kognisi sosial, cara berperilaku dan berkomunikasi yang baik agar kemudian peserta didik dapat lebih mengembangkan potensi dirinya dan mudah terkontor baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik wawancara, obserpasi, dan dokumentasi, kemudian menggunakan pendekatan deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan tentang implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan kecerdasan sosial peserta didik di MAN 2 Parepare. Adapun hasil penelitian ini dapat saya terangkan bahwa pembinaan kecerdasan sosial dan implementasi Pendidikan Agama Islam telah terealisasi dengan baik dalam kehidupan sosial sehari-hari utamanya di lingkungan Sekolah. Pada umumnya dari mereka dapat berinteraksi dengan baik dan mampu memecahkan persoalan-persoalan di lingkungannya, baik itu pada saat pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas, serta mampu bertutur dan berperilaku dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Sosial, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:24
Last Modified: 14 Oct 2022 04:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item