Priyanti, Sri Nurlina (2022) Penerapan Metode Story Telling Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas V MI Muhammadiyah Lautang Salo Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1100.043.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran SKI menurut sebagian orang sangat membosankan, karena memakai metode pembelajaran yang monoton. Selain itu pembelajaran SKI dianggap membosankan karena harus banyak menghafal tempat, peristiwa, tanggal, tahun, dan nama-nama tokoh. Sehingga membuat peserta didik tidak memiliki perhatian dalam mata pelajaran ini dan hal tersebut akan membuat minat belajar peserta didik menurun. Oleh karenanya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik akan dilakukan sebuah penelitian yaitu menerapkan metode pembelajaran story telling. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengatuh metode story telling terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas v MI Muhammadiyah Lautang Salo Kabupaten Sidrap. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre-Eskperimental berbentuk one-group pretest posttest design (satu kelompok Pretes-Postes). Menggunakan 24 peserta didik kelas V sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kategori minat belajar peserta didik sebelum menerapkan metode story telling memperlihatkan nilai tarata-rata 36.04. Dengan demikian menunjukkan minat belajar SKI peserta didik sebelum menerapkan metode story telling berada pada kategori rendah. Setelah menggunakan metode story telling menunjukkan nilai rata-rata peserta didik sebesr 65.04. Jadi, ditarik kesimpulan bahwa minat belajar SKI peserta didik setelah menggunakan metode story telling mengalami peningkatan. Hasil uji t menunjukkan data pretest dan posttest minat belajat peserta didik setelah menggunakan metode story telling di kelas v MI Muhammadiyah Lautang Salo kabupaten Sidarap diperoleh nilai sign. 56.599 > 2.0686. Sehingga menolak Ho dan menerima Ha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, SKI, Story Telling, Minat Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:08
Last Modified: 14 Oct 2022 02:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item