Suriyani, Dewi (2022) Keterampilan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 43 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Peserta Didik Kelas V di UPTD SD Negeri 43 Parepare (2) Bagaimana Keterampilan yang Dilakukan Guru PAI dalam Meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek Peserta Didik Kelas V di UPTD SD Negeri 43 Parepare. Fokus masalah penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Peserta Didik Kelas V di UPTD SD Negeri 43 Parepare? (2) Bagaimana Keterampilan yang Dilakukan Guru PAI dalam Meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek Peserta Didik Kelas V di UPTD SD Negeri 43 Parepare?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah UPTD SD Negeri 43 Parepare yang bertempat di Kecamatan Soreang Kota Parepare Sulawesi Selatan yang terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 153. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam. Adapun tekhnik penggumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menghafal surah-surah pendek peserta didik kelas V di UPTD SD Negeri 43 Parepare yaitu: (1) Ada beberapa peserta didik yang sangat lancar, lancar, sedang, kurang lancar dan tidak lancar dalam menghafal surah-surah pendek dengan ketentuan kemampuan menghafal sangat lancar yakni peserta didik yang telah mampu memenuhi tiga indikator kemampuan menghafal yakni kefasihan, kelancaran, dan ketepatan kaidah tajwid, adapun peserta didik dengan kemampuan menghafal lancar, sedang, kurang lancar, dan tidak lancar yakni peserta didik yang kemampuan menghafalnya tidak memenuhi tiga indikator kemampuan menghafal meliputi kefasihan, kelancaran dan ketepatan kaidah tajwid. (2) Adapun keterampilan yang dilakukan oleh Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada peserta didik adalah dengan memberikan motivasi, serta menguasai keterampilan dalam menjelaskan surah yang hendak dihafal, serta keterampilan memberikan pengguatan/reinforcement seperti pemberian nilai lebih tinggi bagi peserta didik yang memiliki kemampuan menghafal sangat lancar dan menguasai keterampilan mengadakan variasi dalam mengajar seperti membagi peserta didik dalam beberapa kelompok kemudian memerintahkan peserta didik dalam setiap kelompok saling sambung-menyambung ayat yang dihafal dan menggunakan media audio visual kemudian memerintahkan peserta didik untuk membuat video menghafal surah-surah pendek sehingga dengan keterampilan tersebut dapat meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru PAI, Kemampuan Menghafal, Peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Alim Fasieh
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:02
Last Modified: 14 Oct 2022 02:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item