Irnawati, Irnawati (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa kelas VIII Tentang Shalat Sunnah Di SMP Negeri 2 Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1100.110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share merupakan suatu proses kegiatan pembelajaran yang meliputi pemberian materi, pembagian kelompok, pemberian soal, pemberian pertanyaan-pertanyaan dan penyampaian hasil diskusi kelompok yang dilakukan oleh siswa. Kooperatif Tipe Think-Pair -Share berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik berperan aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Proses penelitian ini dilakukan karena adanya proses pembelajaran yang masih tergolong klasik dan kurang efektif. Selain itu, peran peserta didik masih kurang dimaksimalkan kemudian proses pembelajaran yang berlangsung pada saat pagi dan siang hari ini membuat peserta didik jenuh dan bosan dengan materi pelajaran. Hal tersebut kurangnya pemahaman siswa tentang shalat terutamanya shalat sunnah dan kurangnya minat, semangat serta hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman siswa tentang shalat sunnah pada siswa mata pelajaran PAI dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dikelas VIII.3 SMP Negeri 2 Mattirobulu kabupaten Pinrang. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil peningkatan pemahaman siswa, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanya itu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dari siklus I, hingga siklus II mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa kelas VIII tentang shalat sunnah di SMP Negeri 2 Mattirobulu Kabupaten Pinrang Tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Think-Pair-Share,dan hasil pemahaman shalat sunnah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:11
Last Modified: 23 Jun 2022 06:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item